Gejala Yang Sering Dialami Wanita Pada Saat Haid

Datang bulan atau haid sudah merupakan kodratnya para wanita, siklus ini akan terus terjadi mulai dari masa pubertas (usia remaja) hingga masa menopose (usia 50++), menurut wikipedia haid atau menstruasi adalah suatu siklus bulanan yang normal terjadi pada wanita dimana keluarnya darah dari rahim sebagai akibat dari perubahan fisiologis dalam tubuh wanita dewasa hal ini terjadi karena dipengaruhi oleh naik turunnya hormon reproduksi pada wanita.

Siklus haid normal ini rata-rata berlangsung 28 hari atau antara 21 –  25 hari, masa menstuasinya juga berbeda-beda ada yang 4 – 5 hari dan ada pula sampai 2 minggu baru selesai, hal tersebut bergantung dari usianya mereka yaitu secara umum usia  remaja 18 s/d 25 tahun akan mengalami siklus haid selama 1 – 2 minggu sedangkan mereka yang sudah berusia 30 tahun keatas biasanya akan menjalani waktu haid selama 4 – 5 hari saja. Hal tersebut sangat bergantung dari produktivitas hormon reproduksi masing-masing.

Berikut ini ada beberapa gejala haid atau menstruasi pada wanita dewasa yang dapat anda ketahui, biasanya gejala ini terjadi pada saat menjelang datangnya menstruasi dan selama kurun  waktu mentruasi itu sendiri atau bahkan setelah selesai datangnya menstruasi.

Berikut ini adalah gejala-gejala yang dialami banyak wanita selama siklus datang bulan yaitu:

1. Sering Emosi dan Suka marah

Mudah marah ini dipicu karena perubahan hormon reproduksi yang berlebihan dari waktu normal sehingga menimbulkan efek psiologis tidak nyaman pada wanita yang sedang haid, perbanyaklah istirahat dan kurang aktivitas yang berat dapat membantu meredakan emosi pada saat menstruasi.

2. Suasana hati berubah-ubah

Dikarenakan rasa tidak nyaman yang dialami wanita selama siklus haid ini membuat mereka lebih sensitif, kadang-kadang hal sepele bisa membuat mereka tersinggung, hal ini normal-normal saja karena memang pada masa ini perubahan fisiologis dan hormon reporoduksi yang meningkat tentunya dengan membuatnya santai dan nyaman serta cukup istirahat akan membantu suasana hati mereka normal kembali.

3.  Sakit kepala ringan

Gejala lainnya biasanya disertai pusing dan sakit kepala ringan, banyak istirahat dan minum air putih yang cukup sangat efektif dalam meringankan gejala seperti ini.

4. Mules dan disertai sakit perut

Pada sebagian wanita menstruasi atau haid ini biasanya disertai sakit perut dan terasa mules yang datangnya sekali sekali, ini biasa terjadi di hari pertama menjelang datang bulan baru kemudian disertai keluar darah kotor dari rahim.

5. Kram otot perut, paha, atau punggung

Akibat dari perubahan fisiolgis dari hormon reproduksi ini berpengaruh juga pada kontraksi otot perut, paha dan punggung. Biasanya disertai dengan kram otot, hal ini bisa diringankan dengan terapi pijat dan buat suasana menjadi rileks.

6. Payudara sensitif

Pada saat datangnya menstruasi ini biasanya bagian payudara akan terasa kencang anda agak sakit, hal ini bisa terjadi pada fase awal datang bulan dan pada hari selanjutnya rasa sakit dan kencang pada payudara akan berkurang dengan sendirinya. Gejala ini biasanya terjadi hanya pada sebagian wanita saja.

7. Rasa lelah atau mengantuk

Selain itu biasanya rasa lelah dan cepat mengantuk juga kerap terjadi pada wanita yang sedang haid, oleh karena itu disarankan pada masa haid tersebut wanita agar beristirahat dari aktivitas berat.

Demikanlah beberapa gejala yang sering dialami oleh wanita pada saat menstruasi, semua masih masuk dalam kategori yang normal. Jika kondisi menstruasi anda mempunyai siklus yang berbeda dari wanita kebanyakan kami sarankan untuk konsultasi ke dokter, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *